Diskominfo Resmi Launching Logo & Tema Sepesial HUT Kota Bengkulu Ke-305

 

Bengkulu, REALITASPUBLIK.com – Pelaksana Hari Ulang Tahun (HUT) ke-305 Kota Bengkulu tinggal hitungan hari. Sebelum itu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bengkulu resmi melaunching logo dan tema spesial untuk momen HUT kota.

Untuk tema, Pemkot menyosong tagline “Dari Bumi Merah Putih Untuk Indonesia” Adapun makna dari tema ini yakni Kota Bengkulu adalah kota kelahiran sang saka merah putih (Bumi Merah Putih). Dengan begitu, apapun program yang digalakkan di kota tercinta ini ialah sebagai upaya mendukung pembangunan untuk negeri (Indonesia).

Hal ini sesuai fakta, yang mana program yang dijalankan Pj Walikota Bengkulu Arif Gunadi memprioritaskan program-program kerja yang mengedepankan kebahagiaan di tengah masyarakat selaras dengan program Pemerintah Pusat demi kemajuan Indonesia tercinta.

Makna Logo HUT ke-305 Kota Bengkulu

Untuk logo, Kadis Kominfo Kota Bengkulu Gita Gama menjelaskan ada makna tersirat pada logo dengan tulisan 305 penuh warna dan menara gedung merah putih serta kibaran bendera merah putih. Hal itu juga mencerminkan semua hal yang berkaitan program kerja (visi-misi) Pemerintah Kota Bengkulu yang bertujuan untuk membuat warganya bahagia dan tentunya untuk Indonesia tercinta.

Pertama, ada angka 3 dengan menara alun-alun Berendo yang menjulang tinggi. Maknanya ialah melambangkan kekuatan, kokoh, keberanian Kota Bengkulu dalam memaksimalkan kinerja untuk mendukung pembangunan di Indonesia.

Kedua, angka 0 dengan Gedung Merah Putih dan Keberagaman Kota Bengkulu. Untuk gedung merah putih, ini tidak hanya menjadi kantor Walikota, tetapi juga sebagai ikon Kota Bengkulu yang makin dikenal di kalangan masyarakat. Ada juga instrumen padi dan daun kelapa. Ini melambangkan salah satu potensi penghasilan warga Kota Bengkulu yang mana mereka memiliki lahan terbentang luas dibeberapa wilayah untuk menghasilkan padi dan kelapa.

Kemudian, ada logo nelayan. Ini menggambarkan Kota Bengkulu merupakan daerah yang dikelilingi lautan luas dengan berbagai sumber daya alamnya. Oleh karena itu, aktivitas terkait perikanan ini menjadi salah satu sektor utama perputaran ekomoni di wilayah tersebut.

Selain nelayan, dalam angka ini ada juga logo alat musik dol yang melambangkan kesinambungan budaya di Kota Bengkulu. Ini juga merupakan tradisi yang turun menurun dan tidak dilupakan.

Ketiga, logo angka 5 dengan instrumen masjid Merah Putih. Ini melambangkan kedamaian, kesejukan, ketenangan dan kebahagiaan yang mencerminkan Kota Bengkulu dengan masyarakatnya.

Sementara itu, instrumen yang paling spesial pada logo ini ialah ‘Bendera Merah Putih’ yang terbang ke arah atas. Bendera ini melambangkan kemajuan, perkembangan, terus naik ke atas yang mencerminkan Kota Bengkulu terus berkembang untuk sebuah kemajuan.

Adapun warna pada logo juga memiliki makna tersendiri. Ada warna biru, putih, hijau dan kuning.

Untuk warna biru, ini melambangkan ketenangan dan kedamaian. Sementara warna putih melambangkan kemurnian dan kesucian. Selain itu, ada juga warna hijau melambangkan sumber kehidupan dan kesejahteraan. Terakhir warna kuning yang melambangkan keberanian dan kembangkiran.

Dari berbagai makna di atas, Pemkot Bengkulu berharap HUT Kota Bengkulu ke-305 menjadi momentum yang sangat fundamental, sekaligus sakral bagi kemajuan kota Bengkulu di era globalisasi saat ini.

“Semua komponen anak bangsa harus hadir dan sama-sama bersinergi untuk membangun dan memperkuat Kota Bengkulu, sehingga menjadi kota yang religius dan bahagia. Berkenaan hal tersebut, harapannya ialah segala hal yang terkandung dalam makna logo hari jadi kota itu akan menjadi cerminan, citra possitif untuk Kota Bengkulu ke depannya. Dimana kota ini memang betul-betul mempersembahkan segala potensi yang ada untuk keberlangsungan dan kejayaan Indonesia,” jelas Gita. (Mc)

Sumber Berita: infopublik.id