Objek Wisata Cekdam Tahun 2024, Jadi Andalan Pendapatan Desa Air Sebakul

Benteng, RealitasPublik – Titin Sumarni sebagai Kepala Desa Air Sebakul Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) Provinsi Bengkulu menerapkan konsep pembangunan yang berkelanjutan disektor pariwisata tepatnya di Cekdam, ini bertujuan untuk memajukan perekonomian masyarakat dan pendapatan Desa yang ia Pimpin. Hal ini disampaikannya di sela-sela lomba mancing ikan Akhir tahun di lokasi Wisata Cekdam. Minggu, (24/12/2023).

Di sela-sela lomba Mancing Ikan Patin ke-02 jelang akhir Tahun ini, Titin Sumarni menyampaikan bahwa lomba yang diadakan ini adalah bertujuan untuk memperkenalkan Objek Wisata Cekdam terhadap masyarakat lokal maupun luar daerah.

“Lomba mancing Ikan Patin jelang Akhir Tahun ini sudah dua kalinya di adakan, bertujuan untuk memperkenalkan objek wisata Cekdam terhadap masyarakat lokal ataupun diluar daerah,” ujar Kepala Desa Air Sebakul.

Lanjutnya menerangkan bahwa lomba yang di mulai dari Jam 09.00 Pagi Hingga Jam 13.00 Wib ini Pemenang Utama diraih oleh Slamet dengan berat ikan Patin 1,745 Kg dengan hadiah uang tunai Rp 1 juta rupiah. Untuk Pemenang ke-2 diraih oleh Naufal dengan berat Ikan Patin 1.665 kg dengan hadiah uang Tunai Rp 750 Ribu, sedangkan Peraih Juara 3 di Raih oleh Kevin dengan Berat Ikan 1.560 Kg dengan hadiah uang tunai Rp 500 Ribu. Untuk diketahui pada perlombaan ini uang administrasi pendaftaran Rp 120 Ribu.

“Alhamdulillah lomba kali ini semuanya membawa ikan hasil pancingannya kerumah walaupun tidak mendapatkan juara lomba,” Terang Titin Sumarni.

Setelah lomba mancing ikan akhir tahun ini telah terlaksana, pada tahun 2024 nantinya masyarakat sudah bisa menikmati objek Wisata Cekdam ini karena akan disediakan Perahu Bebek dan hal ini tentunya selalu menekankan upaya perlindungan dan pengelolaan yang berorientasi jangka panjang.

“Rencana Anggaran untuk perahu Bebek ini nantinya di ambil dari Dana Desa (DD) untuk Usaha Desa yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sehingga bisa meningkatkan pendapatan Desa dan juga ikut serta meningkatkan perekonomian masyarakat,” jelas Titin Sumarni.

Dia menyampaikan Objek Wisata Cekdam ini pada tahun 2024 masyarakat wisatawan baik lokal maupun diluar Daerah sudah bisa menikmati Perahu Bebek jelang Lebaran di Tahun 2024. (Sz)