Kenalkan Objek Wisata Cekdam, Kades Air Sebakul Adakan Lomba Pancing

Benteng, RealitasPublik – Kepala Desa Air Sebakul Titin Sumarni selalu berupaya untuk memajukan objek wisata di Daerah yang ia pimpin. Upaya yang selalu ia perkenalkan adalah Objek Wisata Cekdam dan wisata ini sangat menjanjikan untuk kedepannya, dirinya yakin sangat mendukung perkonomian masyarakat terutama di bidang UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dan juga usaha lainnya. Hal ini disampaikan Kades Air Sebakul Titin Sumarni di sela-sela kegiatan lomba pancig. Minggu, (17/12/2023).

Lomba pancing ini diikuti ole ratusan peserta dari berbagai daerah, baik kota maupun kabupaten yang lainĀ  di provinsi Bengkulu. Dengan 1,5 Ton ikan Paten yang ditaburkan untuk mendukung perlombaan ini. Dengan hadiah utama Rp.5 juta.

Untuk pendaftaran dalam perlombaan ini dengan biaya administrasi sebesar Rp 150.000/Orang dengan hadiah utama Rp 5 juta, untuk hadiah ke-2 Rp 3,5 Juta dan hadiah ke-3 Rp 2,5 juta.

“Sebelum nya telah dibuka pameran UMKM, yang diikuti oleh Desa Semidang Lagan, KecamatanĀ  Semidang Lagan dibuka Langsung ole Kajari Bengkulu Tengah Dr Firman Halawa, SH M.H pada Sabtu, (16/12/2023) berlangsung khidmat,” jelas Kades Air Sebakul.

Lanjutnya mengatakan, hari ini kegiatan dilanjutkan dengan lomba pancingan yang diikuti oleh ratusan warga dari berbagai daerah.

“Kegiatan lomba Pancing ini sudah dua kalinya dilaksanakan di tahun 2023 ini, bertujuan untuk memperkenalkan objek wisata Desa air Sebakul yaitu Cekdam. Tujuan ke depan kegiatan ini terus digalakkan untuk memajukan sektor Wisata Desa Air Sebakul dan juga UMKM masyarakat,” Pungkas Titin Sumarni Kepala Desa Air Sebakul.

Turut hadir dalam pelaksanaan lomba pancing ini, Kapolsek Talang Empat Suroso, Camat Talang Empat Siti Fatimah, Kades Air sebakul Titin Sumarni beserta perangkat, Anggota Dewan Kabupaten Bengkulu Utara Agus Suwandi dan juga sebagai Calong Anggota Dewan Provinsi dapil Bengkulu Utara dan Kabupaten Bengkulu Tengah beserta masyarakat air sebakul untuk memeriahkan kegiatan ini diiringi dengan musik organ yang di undang saat itu.

Kapolsek Talang Empat Suroso mengatakan, kegiatan lomba pancing yang diadakan oleh Desa air sebakul ini sangat bagus untuk memperkenalkan objek wisata Desa air Sebakul.

“Kegiatan ini sangat bagus untuk di kembangkan dan perlu dukungan dari pemerintah untuk memajukan wisata terutama yang ada Di pedesaan agar bisa dikenalkan oleh masyarakat luas hingga di luar daerah,” ujar Kapolsek.

Sementara itu Anggota Dewan Bengkulu Utara aktif dan Sebagainya Calon Anggota Dewan Provinsi dapil Bengkulu Utara dan Bengkulu Tengah Agus Suwandi mengatakan, kegiatan ini sangat bagus untuk memperkenalkan Ojek Wisata di darah Bengkulu Tengah sehingga bisa dikenal di luar Daerah.

” Ya, kegiatan ini sangat baik sekali untuk mendukung pengenal wisata baik lokal maupun di luar lokal. Harapan kami kedepannya agar kegiatan ini terus dilanjutkan. Karena kegiatan ini bisa menunjang kegiatan perekonomian UMKM maupun masyarakat pada umumnya,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Desa Lagan Bungi Robi Rinaldi mengatakan, dirinya sangat mendukung program ini, agar Desa-desa yang ada di Bengkulu Tengah bisa di kenal objek wisata di luar Daerah.

“Ya, kegiatan ini adalah sangat bagus untuk ajak silahturahmi antar Desa yang ada di Bengkulu Tengah, dan saya berharap kedepannya agar Iven ini dilanjutkan, sehingga ojek wisata di Setiap Desa di Bengkulu Tengah dikenal dan bertujuan untuk menunjang perekonomian masyarakat,” ujar Robi.

Untuk diketahui dalam pelaksanaan lomba pancing di Desa Air Sebakul Juara Pertama diraih oleh Puzan dengan berat ikan 1.110 kg dengan nomor peserta 69 dan nomor lapak 133 dengan Hadiah yang diraih berupa uang sebesar Rp.5jt yang diserahkan oleh Kepala Desa Lagan Bungi Robi Rinaldi untuk Juara Ke-2 diraih oleh Nanang dengan Berat Ikan 0.995, dengan jumlah hadiah Rp 3,5 juta diserahkan oleh Camat Talang Empat Hj. Sti Fatimah, S.H, dan untuk Juara Ke-3 Diraih oleh Bombong Maradon dengan nomor peserta 23 dengan nomor Lapak 18, berat Ikan 0.635 jumlah duit hadiah yang di dapat sebesar Rp 2,5 Juta, hadiah ini diserahkan langsung oleh Kepala Desa Air Sebakul Titin Sumarni.

Menariknya dalam kegiatan lomba kali ini, bagi peserta yang belum mendapatkan juara akan mendapatkan bingkisan menarik Dari Panitia Penyelenggara dengan cara pengundian nomor lapak pemancingan. (Sz).